Wednesday 7 September 2016

Hidup Sehat ala Rasulallah SAW

Sobat mistis, bagaimana kondisi kesehatan kalian hari ini, apa sudah merasa sehat, kalau belum merasa sehat, saya akan memaparkan sedikit tips agar sehat seperti Rasulullah SAW,


1. Menjaga kebersihan

Setiap kamis atau jumat, Rasulullah SAw mencuci rambut halus di pipi, memotong kuku, bersikat dan memakai parfum, karena itu beliau selalu bersih dan rapih. "Mandi pada hari jumat adalah sangat dituntut untuk setiap orang dewasa. Demikian pula menggosok gigi dan pemakai harum-haruman." (HR. Muslim)


2. Bangun sebelum subuh

Agar mendapatkan hikmah yang mendalam antara mendapatkan limpahan pahala, kesegaran udara subuh yang baik serta memperkuat pikiran, Rasulullah SAW mengajak umatnya untuk bangun sebelum subuh untuk melaksanakan sholat sunah dan solat subuh berjamaah.


3. Sering berjalan kaki

Bila berjalan kaki, keringat pasti mengalir, pori terbuka dan peredaran darah berjalan lancar. Dengan begitu dapat mencegah dari penyakit jantung. Rasulallah SAW selalu mencontohkan, beliau berjalan kaki ke masjid, medan jihad, dan mengunjungi rumah sahabat.


4. Makan tidak berlebihan

Dalam tubuh manusia ada tiga ruang untuk tiga benda, sepertiga air, sepertiga udara, sepertiga makanan.
Rasulullah SAW bersabda "Kami adalah satu kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak(tidak sampai kekenyangan). " (muttafaq Alaih). Dalam islam ada pendidikan khusus, dengan berpuasa pada ramadan untuk menyeimbangkan kesehatan selain nabi selalu berpuasa sunah.


5.Pemaaf

Memaafkan orang lain membebaskan diri kita dari dari dibelenggu api kemarahan. Marah itu melekat pada hati. Justru jadilah seorang yang pemaaf karena yang pasti badan sehat, karena sifat pemaaf sanggat dituntut untuk ketentraman hati dan jiwa.


6. Hidari dari sifat iri hati

Jauhilah sifat iri hati karena akan menjaga setabilitas hati dan kesehatan jiwa. Ya Allah bersihkanlajlh hatiku dari sifat-sifat mazmumah, dan hiasi hatiku dengan sifat mahmudah.
7. Jauhi sifat pemarah



Hakikat kesehatan dan kekuatan muslim bukanlah terletak pada jasad, tetapi lebih kepada kebersihan jiwa. Marah adalah sifat setan, setan itu terbuat dari api, maka segeralah mengambil wudhu dan shalat dua rakaat untuk mendapatkan ketenagan serta menghilangkan kegelisahan di hati.

8. Optimis
Sikap optimis memberikan efek emosional yang mendalam bagi kelapangan jiwa.

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net