Thursday 1 September 2016

Ternyata ini Sejarah Qurban dan Idul Adha

Sobat Mistis Ternyata Qurban pertama di dunia itu dilakukan oleh kedua anak Adam yaitu Qabil dan Habil, diceritakan nabi Adam AS di perintahkan oleh Allah SWT untuk menikahkan Qabil dengan Labuda dan Habil dengan Iklima. Namun Qabil tidak trima jika dia harus menikah dengan Labuda, karena Qabil menilai bahwa Iklima lebih cantik dari Labuda. Atas perintah Allah SWT nabi Adam AS memerintahkan Qabil dan Habil untuk memberikan kurban kepada Allah SWT di sebuah bukit, kemudian keduanya memberikan kurban kepada Allah SWT. Akhirnya dari kedua kurban tersebut Allah SWT menerima kurban dari Habil yang berupa hewan ternak dengan kualitas terbaiknya sedangkan kurban Habil di tolak karena berupa hasil perkebunan yang rusak.

Dan Qurban yang kedua terjadi itu Terjadi di zaman nabi Ibrahim AS. Dikisahkan nabi Ibrahim AS yang sudah berumur tua namun belum juga mendapat keturunan, suatu ketika Allah SWT memberikan nabi Ibrahim AS seorang putera yang soleh yaitu nabi Ismail AS, demi menguji keimanan nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT, maka di perintahkan nabi Ibrahim AS untuk menyembelih putera kesayangannya tersebut lewat mimpi. Saat menerima perintah tersebut datanglah setan menggoda nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS, dan istrinya untuk tidak melakukan perintah Allah SWT tersebut. Tapi nabi Ibrahim AS dan keluarganya tidak tergoda akan bisikan setan dan melemparnya denga batu kerikil dan sekarang peristiwa ini di sebut jumrah. Akhirnya nabi Ibrahim AS dan nabi Ismail AS pergi menuju puncak gunung, lalu dilaksanakanlah perintah Allah SWT tersebut dengan rasa Ikhlas. 


Ketika nabi Ibrahim AS mengucapkan, “Bismillahi Allahu akbar,” ternyata bukan nabi Ismail AS yang dipotong tetapi Allah SWT menggantinya dengan kambing gibas. Nabi Ismail AS tetap berada di sampingnya dalam keadaan segar bugar. Yang dipotong bapaknya ternyata adalah kambing. Itulah asal usul kurban, hari raya Qurban. Dalam bahasa arabnya berarti Idul Adha.

Itu dia sobat mistis sejarah dari Idul Adha, mulai sekarang sama-sama kita berbenah diri untuk menjadi manusia yang lebih baik di mata Allah SWT, aamiin...

0 komentar:

Post a Comment

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net